Jumat, 23 September 2011

PEMELIHARAAN DOD

Masa starter merupakan masa kritis bagi tik, terutama pada umur 1 - 14 hari, yakni itik mengalami masa pennyesuaian dengan lingkungan. Oleh karena itu memerlukan penanganan sangat cermat. Beberapa faktor yang harus diperhatikan antara lain suhu lingkungan, hembusan angin, ventilasi, luas kandang, lantai kandang, tempat minum, dan jumlah pakan.

1. Persiapan Pengiriman.
Setelah proses penyeleksian DOD, selanjutnya adalah pengepakan DOD dengan menggunakan box karton yang diisi 80 ekor DOD untuk pengiriman jarak jauh atau 100 ekor DOD untuk pengiriman jarak dekat. Untuk pengiriman DOD dengan jarak yang pendek, tidak memerlukan penanganan yang khusus, tetapi untuk pengiriman dengan memakan waktu lebih dari 12 jam harus ada penanganan khusus, misalnya dengan memberi pakan penyegar  tubuh pada DOD berupa kecambah kacang hijau, irisan semangka, nasi basah, dan pakan penyegar lainnya. Proses pengiriman diupayakan secepat mungkin agar bisa segera sampai ditempat tujuan dan selama aperjalanan diupayakan agar DOD tidak basah terena air hujan.

2. Penanganan DOD yang baru Tiba.
Anak itik yang baru tiba ditempat pengiriman, kotaknya harus segera dibuka dan dikeluarkan. Selanjutnya, anak itik dimasukkan pada kandang starter atau kandang kotak. Beberapa jam kemudian bila anak itik terlihat tenang, baru mulai diberi gula merah. Selanjutnya anak itik di beri air minum yang dicampur dengan antibiotik - vitamin selama 1 minggu agar tubuhnya selalu fit dan merangsang nafsu makannya.

Tidak ada komentar: